anda/kamu/kau/loe

Januari 20, 2007

Yah…benar, kau! Kau yang berdiri di situ

Aku ingin bertanya, “kenapa kau hanya berdiri saja di situ sepanjang waktu?”

“Aku bisa mengajakmu berjalan-jalan, melihat-lihat gedung-gedung di ibukota, atau nongkrong di warung pinggir jalan”

“Kok diam saja? Aku tak bermaksud apa-apa. Yah daripada kau hanya berdiri situ saja”

“Aku tahu banyak peristiwa yang barusan kau lewati. Aku tahu, entahlah dari mana aku tahu, kau tak perlu tahu. Ada yang pahit meski menyenangkan. Ada yang menyenangkan meski menyakitkan. Aku tahu itu, aku tahu…”

“Aku mungkin terlalu banyak berandai-andai. Berandai-andai tentang siapa lagi kalau bukan kau. Entahlah…aku ingin menghambarkan segalanya yang pahit, memaniskan yang hambar, menambah gurih yang sudah manis”

“Apalagi yah…yang pasti aku tak ingin melihat kau terperosok. Yah terperosok. Tergelincir. Terjungkal. Apapun istilahnya. Entahlah itu karena batu, lubang, selokan, atau lubang semut yang sengaja maupun tidak, kau lewati.”

“Aku mungkin hanya punya ranting. Setidaknya aku ambil ranting itu dari pohon akasia itu. Pohon akasia yang masih muda. Masih kuat batangnya. Kuambil yang paling besar. Kutawarkan ranting itu kepada kau. Ku pegang satu ujung, kau pegang ujung satunya lagi. Biar ku tarik kau dari situ.”

“Yah mumpung kau belum terperosok. Bukan ngedoain yah. Hehehe… kau kan masih di pojok situ. Ya udah, ayo… Mari kita jalan-jalan. Beranjak dari sini. Aku juga bosan terus-terusan ada di pojokan.”

“Ayo, aku lapar nih. Kita bisa ke warung sebelah, makan gorengan, minum kopi hangat, ngobrol apa aja. Bercerita apa aja. Yah kalo bisa, sambil membersihkan kakimu yang bekas terperosok kemarin”

Ku buka tangan kananku, ku sodorkan kepadanya, sambil ku tersenyum…

Ayo…

One Response to “anda/kamu/kau/loe”

  1. diandian Says:

    ah, murid..pandainya kali kau menulis kisah ini, huhu,,,apakah ini orang yg itu? ataukah itu adalah orang yg ini? hm…cukup lama yah terakhir kali kau menulis…menulis lagi dong! aku rindu dengar dan baca tulisan2 lucumu ttg khidupan ini.,..


Tinggalkan Balasan

